Selasa, 01 April 2008

Permasalahan yang Terjadi Pada SMP Kelas VIII

Masa usia sekolah menengah bertepatan dengan masa remaja salah satunya yaitu Sekolah Menengah Pertama. Masa remaja merupakan masa yang banyakmenarik perhatian, karena sifat-sifat khasnya dan karena peranannya yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakat orang dewasa. hakekat masa remaja terutama adalah:
- Menemukan diri.
- Meneliti sikap hidup yang lama.
- Mencoba-coba yang baru untuk jadi pribadi yang dewasa.
Pada masa remaja akan terjadi perubahan perkembangan baik secara fisik maupun psikis, dan akan mulai timbul masalah yang harus dihadapi. Permasalahan apa yang umumnya muncul dikalangan remaja Sekolah Menengah Pertama kelas VIII?
Sub Tugas Perkembangan: Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
Bidang Bimbingan : Bimbingan Karir
Rumusan Kompetensi:
1.Memahami bahwa kondisi fisik dan psikis mempengaruhi pengembangan persiapan karir.
2.Mampu mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karir.
Materi pengembangan kompetensi:
Contoh-contoh pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap pengembangan karir.
1. Cara-cara mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karir.
2. Praktik cara-cara mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karir.
Permasalahan-permasalahan yang umum terjadi pada siswa SMP kelas VIII dalam pembinaan bimbingan karir yang dihadapi oleh seorang konselor di sekolah:
Siswa SMP kelas VIII adalah siswa yang sudah dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan barunya yaitu lingkungan sekolah menengah baik dengan keadaan sekolahnya maupun dengan warga sekolah lainnya dalam hal ini adalah teman, guru, dan staf-staf yang ada disekolah itu. Permasalahan yang sering muncul adalah permasalahan dari segi sikap pada anak tersebut terkadang menimbulkan masalah kenakalan, mulai berani membuat kegaduhan, bersenang-senang, mudah terpengaruh oleh hal-hal keduniawian seperti perubahan penampilan dan gaya hidup, tidak mementingkan karir yang sedang dijalani khususnya karir sebagai pelajar kelas VIII

Tidak ada komentar: